Employability Skills

pekerja

Employability Skills merupakan kompetensi-kompetensi non-teknis bagi seseorang untuk dapat secara efektif dan sukses berpartisipasi di tempat kerja.

Employbility Skills dapat meliputi:

  • Communication
  • Teamwork
  • Problem Solving
  • Initiative and Enterprise
  • Planning and Organising
  • Self-management
  • Learning
  • Technology

Communication skills merupakan kemampuan membina hubungan yang harmonis di antara rekan kerja dan relasi sehingga dapat berkontribusi pada produktivitas.

Teamwork skills, merupakan kemampuan bekerja dalam tim sehingga dapat berkontribusi terhadap hubungan dan hasil kerja.

Problem solving skills, merupakan kemampuan untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah yang timbul, sehingga berkontribusi pada hasil guna.

Initiative and Enterprise, memiliki kemampuan untuk mengambil inisiatif, sehingga berkontribusi pada hasil guna yang inovatif.

Planning and Organising skills, mampu berkontribusi dalam hal perencanaan dan pengorganisasian baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Self-management skills, berkaitan dengan kemampuan untuk mencapai kepuasan dan perkembangan pekerja sendiri.

Learning skills, memiliki kemampuan untuk belajar guna peningkatan kompetensi yang berguna bagi pekerja dan perusahaan.

Technology skills, memiliki kemampuan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi, sehingga dapat bekerja secara efektif.

Ada pendapat yang mengatakan bahwa Employability Skills juga identik dengan:

  • ¬†Key Competencies
  • Generic skills
  • Life skills

yang perlu dimiliki oleh seorang pekerja agar dapat mengaplikasikan kompetensi teknisnya di dalam pekerjaan dan berkontribusi yang baik bagi perusahaan.

PERSYARATAN KINERJA

Sebaiknya employability skill didefinisikan di dalam suatu standar kompetensi kerja sehingga dapat menjadi dasar bagi berbagai pihak.

  • Sebagai acuan dan penerapan strategi di dalam proses asesmen bagi pihak lembaga asesmen atau lembaga sertifikasi;
  • Sebagai acuan di dalam pengembangan diri guna memenuhi standar kinerja bagi para pencari kerja dan juga pekerja yang sudah bekerja;
  • Sebagai acuan di dalam perekrutan pekerja;
  • Sebagai dasar pengembangan kurikulum dan metode pelatihan bagi lembaga pendidikan dan pelatihan.

Untitled

About zinsari

Zinsari adalah seorang professional trainer di bidang keuangan mikro. Ia menciptakan materi-materi pelatihan yang praktis dan bermanfaat bagi perkembangan keuangan mikro. Zinsari juga seorang master asesor dalam bidang asesmen kompetensi kerja serta sebagai lead asesor yang bertugas melakukan asesmen terhadap calon asesor.
This entry was posted in Kompetensi, sumber daya manusia and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s