Mencermati Transformasi Bisnis Online

Transformasi bisnis sudah terjadi dan sedang terjadi bahkan akan terus terjadi, seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan teknologi komunikasi yang begitu pesat. Era bisnis tradisional bertransformasi ke era digital telah terjadi dan begitu dahsyat. Orang-orang kreatif akan terus berusaha untuk menemukan ide-ide praktis yang dapat membantu masyarakat dalam mengatasi masalah yang dihadapinya. Orang-orang yang melek teknologi akan lebih mudah menyesuaikan diri dan menikmati berbagai kemudahan dan bahkan keuntungan dari bisnis online.

Kita sudah melihat dan menikmati bagaimana taksi online merubah konsep layanan yang sebelumnya tidak terpikirkan, dan secara cepat merubah pola masyarakat dalam mendapatkan layanan transportasi. Kita juga melihat bagaimana masyarakat dengan mudah beli masakan tanpa harus datang ke restoran. Kita juga bisa beli berbagai barang tanpa harus datang ke toko.

Move on dari tradisional ke digital

Lalu berapa banyak masyarakat yang telah memanfaatkan konsep bisnis online? Belum bisa dijawab secara pasti. Yang jelas, akan semakin banyak orang yang beralih ke konsep bisnis online. Tentu, terutama masyarakat yang melek teknologi informasi dan melek teknologi komunikasi. Namun demikian, masih ada masyarakat yang belum bisa move on dari pola bisnis tradisional, yaitu inginnya melihat, memilih, mencoba, dan menawar harga, baru kemudian memutuskan untuk membeli. Hal ini dapat dimaklumi, karena masih dihantui ketakutan tertipu, misalnya barang tidak sesuai, barang tidak dikirim, dan sebagainya.

Aplikasi Startup Membentengi Bisnis yang Fair

Para pengelola aplikasi startup yang terkenal telah membangun sistem yang sangat mumpuni untuk menjawab keraguan seperti yang diuraikan di atas. Aplikasi Startup mengintegrasikan bisnisnya para pebisnis (pemilik toko online) dengan layanan pengiriman dan pembayaran, bahkan juga layanan perbankan), sehingga dapat melindungi pembeli dan pebisnis dari segi pengiriman dan pembayaran. Aplikasi Startup telah membentuk para pebisnis untuk berbisnis secara fair, melayani secara cepat, kirim barang sesuai dengan yang dijanjikan. Dengan adanya feature ulasan pembeli, penilaian oleh pembeli (Untitled) telah menggerakkan para pebisnis untuk memberikan yang terbaik, demi menjaga reputasi dan kredibelitasnya. Mereka akan sangat dirugikan apabila pembeli memberikan ulasan negatif.

Sebagai contoh, anda bisa masuk ke salah satu toko, misalnya toko GoodStuff. di tokopedia, silahkan klik link berikut:

https://www.tokopedia.com/goodstuffdot?utm_source=Android&utm_medium=Share&utm_campaign=Shop%20Share&utm_content=Copy&_branch_match_id=525841512922940290

Saya melihat langsung, bagaimana pemilik toko GoodStuff. ini begitu antusias melayani pembeli via online. Mulai dari memilih barang-barang berkualitas, menatanya dalam etalase online, memberikan konsultasi via chating, menyiapkan barang dengan rapi, segera melakukan pengiriman bila ada pesanan dan selalu meng-update persediaan di etalasenya. Dari pengamatan saya, pebisnis online secara tidak langsung akan dibentuk menjadi pebisnis yang cekatan, jujur dan bertanggung jawab.

Mengapa Harga Online Lebih Murah?

Hal ini sudah banyak diulas oleh para pakar, yang intinya adalah bahwa para pebisnis online tidak memerlukan space untuk menjajakan dagangannya, tidak membutuhkan layanan kontak langsung dengan pembeli, tidak membutuhkan tenaga pemasar.  Pebisnis online juga dimudahkan dengan adanya fasilitas iklan yang dapat menjangkau secara luas, sehingga pembeli bisa dari mana saja, tidak lagi terhambat dari unsur jangkauan.

Jika demikian adanya, maka bagi masyarakat yang beralih ke bisnis online akan mendapatkan berbagai keuntungan, baik bagi pebisnis maupun pembelinya. Keuntungan yang secara nyata dirasakan terutama dalam hal harga dan kecepatan delivery.

Lalu bagaimana dengan masa depan bisnis tradisional?

Beberapa jenis bisnis tradisional tentu masih mampu bertahan dengan keunikannya ditengah-tengah gelombang digitalisasi. Beberapa kalangan masyarakat masih merindukan sentuhan-sentuhan langsung, dan/atau layanan langsung dari pedagang. Namun demikian, lambat-laun bisnis tradisional mau tidak mau harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi, karena kecenderungan ke depan, masyarakat semakin tidak dapat dipisahkan dari penggunaan teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

 

 

 

 

 

Advertisements

About zinsari

Zinsari adalah seorang professional trainer di bidang keuangan mikro. Ia menciptakan materi-materi pelatihan yang praktis dan bermanfaat bagi perkembangan keuangan mikro. Zinsari juga seorang master asesor dalam bidang asesmen kompetensi kerja serta sebagai lead asesor yang bertugas melakukan asesmen terhadap calon asesor.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s