Tahun 2019, BPR wajib melaksanakan audit penyelenggaraan teknologi informasi

Mengacu pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 75/POJK.03/2016 tentang Standar Penyelenggaraan Teknologi Informasi bagi Bank Perkreditan Rakyat dan Bank Pembiayaan Syariah, pasal 2, BPR dan BPRS wajib menyelenggarakan teknologi informasi yang paling sedikit sebagai berikut:

Audit ti1

BPR/BPRS wajib memastikan Aplikasi Inti Perbankan yang digunakan mampu:

  • Menerapkan ketentuan peraturan perundang-undangan bagi BPR.
  • Mengimplementasikan profil nasabah secara terpadu (Single Customer Identification File).
  • Melakukan pembukuan transaksi antar jaringan kantor:
  1. pada hari yang sama bagi BPR yang tidak menyediakan layanan perbankan elektronik (electronic banking) dan tidak melakukan kegiatan sebagai penerbit kartu Automated Teller Machine (ATM);
  2. secara online dan real time bagi BPR yang menyediakan layanan perbankan elektronik dan/atau melakukan kegiatan sebagai penerbit kartu Automated Teller Machine (ATM).
  • Menghasilkan data dan informasi yang digunakan dalam mendukung proses penyusunan laporan untuk kebutuhan intern dan ekstern.
  • Mengonsolidasikan fungsi-fungsi yang terdapat dalam Aplikasi Inti Perbankan untuk mendukung penyediaan data dan informasi yang lengkap, akurat, kini, dan utuh.

 

Untuk itu, BPR wajib melaksanakan fungsi audit intern terhadap penyelenggaraan Teknologi Informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Fungsi audit intern wajib dilaksanakan secara berkala paling sedikit 1(satu) kali dalam 1(satu) tahun sebagai bagian dari pelaksanaan audit intern atau dilaksanakan terpisah dari audit intern. Dalam rangka pelaksanaan fungsi audit intern, BPR wajib memastikan tersedianya jejak audit (audit trail) terhadap seluruh kegiatan penyelenggaraan Teknologi Informasi untuk keperluan pengawasan, penegakan hukum, penyelesaian sengketa, verifikasi, pengujian, dan pemeriksaan lainnya.

Ketentuan kewajiban melaksanakan fungsi audit intern dilaksanakan selambat-lambatnya 3 tahun sejak POJK nomor 75/POJK.03/2016 diberlakukan. POJK tersebut diberlakukan sejak tanggal diundangkan, yaitu 28 Des 2016.

Pelaksanaan audit intern dilakukan terhadap aspek terkait Teknologi Informasi paling sedikit mencakup aspek sebagai berikut:

  • Aplikasi Inti Perbankan
  • Wewenang dan tanggung jawab Direksi, Dewan Komisaris, dan satuan kerja atau pegawai yang bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan Teknologi Informasi, untuk memastikan pelaksanaan wewenang dan tanggung jawab Direksi, Dewan Komisaris, dan satuan kerja atau pegawai yang bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan teknologi informasi.

Sudah siapkah SK/PE Audit Intern BPR/BPRS melaksanakan audit penyelenggaraan teknologi informasi?

Zpro Consulting akan melaksanakan kelas pelatihan terkait dengan audit intern di bulan Maret 2019.

Audit

 

About zinsari

Zinsari adalah seorang professional trainer di bidang keuangan mikro. Ia menciptakan materi-materi pelatihan yang praktis dan bermanfaat bagi perkembangan keuangan mikro. Zinsari juga seorang master asesor dalam bidang asesmen kompetensi kerja serta sebagai lead asesor yang bertugas melakukan asesmen terhadap calon asesor.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

6 Responses to Tahun 2019, BPR wajib melaksanakan audit penyelenggaraan teknologi informasi

  1. Sutiyono says:

    Untuk jadwal Semarang ada tidak bapak?

  2. luluk indriyani says:

    blockquote, div.yahoo_quoted { margin-left: 0 !important; border-left:1px #715FFA solid !important; padding-left:1ex !important; background-color:white !important; } Yth. Pak Zinsari Kalau materi ini saya buka kls di Jatim kira kira pak Zin ada waktu kosongnya di Bulan Maret atau April tgl berapa? Dan harganya berapa per person? Kalau 1 BPR kirim lebih dari 1 harganya gimana?Mohon penjelasan njih Pak. TtdB Luluk

    Dikirim dari Yahoo Mail untuk iPhone

  3. suryana says:

    Untuk tgl 21 dan 22 Maret 2019 Di Hotel Grand Cempaka, kemana kami dapat mendaftar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s